resep seafood cara membuat PIRIK CABAI JAONG BAKAR

iklan

resep seafood cara membuat PIRIK CABAI JAONG BAKAR
(Kalimantan Timur)


Salah satu makanan khas Kalimantan timur yang terkenal adalah pirik cabai jaong bakar. Makanan ini sangat terkenal di daerah Kalimantan, bahkan hampir semua orang yang berada di Kalimantan bisa memasak makanan ini. Jika anda pergi ke daerah tersebut maka bisa dipastikan anda akan bisa merasakan makanan khas mereka ini. Apalagi untuk beberapa orang, menghidangkan salah satu makanan khas dari daerah mereka merupakan sebuah kewajiban, dan menyajikan pirik cabai kepada tamu adalah salah satunya.


Pirik cabai jaong bakar adalah makanan yang terbuat dari udang besar. Udang yang digunakan bisa menggunakan udang lobster air tawar atau udang lobster air laut. Udang ini dimasak dengan cara di bakar supaya rasanya lebih khas dan lebih terasa aroma udangnya. Tidak lupa dengan menambahkan sambal pirik sebagai pelengkap makanan. Tanpa adanya sambal pirik, rasa makanan ini akan kurang nikmat dan kurang sedap. Anda bisa merasakan rasa yang berbeda dari makanan lain jika anda sudah merasakan makanan ini. Jika anda belum tahu bagaimana cara untuk membuat pirik cabai jaong bakar yang enak, di bawah ini adalah cara membuat dan bahan yang harus anda persiapkan. 

Bahan:

    200 gram udang besar, bersihkan


Bumbu perendam:

    3 siung bawang putih, haluskan

    2 sendok makan jeruk nipis

    2 sendok makan kecap manis

    1 sendok makan mentega

    ¼ sendok teh garam


Sambal Pirik:

•    5 buah cabai merah

•    5 buah cabai rawit hijau

•    ½ sendok teh terasi

•    1 sendok teh gula merah

•    1 buah tomat merah, potong-potong

•    3 buah kecombrang (jaong) muda, bakar sebentar, ambil batangnya, iris halus


Cara memebuat:

1.    Belah punggung udangn jangan sampai putus, lumuri udang dengan bumbu perendam, aduk rata. Diamkan selama 10 menit hingga meresap.

2.    Bakar udang sambil di limuri bumbu perendam hingga matang, angkat.

3.    Sambal pirik: haluskan cabai merah, cabai rawit hijau, bawang merah, terasi, dan garam hingga halus, tambahkan gula merah, tomat dan kecombrang bakar, aduk rata.

4.    sajikan udang bersama sambal pirik.

Makanan ini akan menjadi lebih nikmat jika dimakan pada suasana yang indah dan pemandangan yang menakjubkan. Anda bisa memakan pirik cabai di tempat rekreasi atau sekedar makan bareng bersama keluarga di luar ruangan, rasakan kebersamaan dan keceriaan saat memakan pirik cabai jaong bakar bersama dengan keluarga. Sambalnya yang khas dan nikmat, udang yang masih panas dan minuman yang segar membuat acara makan anda menjadi menyenangkan.

resep seafood cara membuat PIRIK CABAI JAONG BAKAR

iklan

0 Responses to “resep seafood cara membuat PIRIK CABAI JAONG BAKAR”

Posting Komentar