resep seafood cara masak PALAI BADA MODIF

iklan

resep seafood cara masak PALAI BADA MODIF

Palai balada modif adalah salah satu hidangan makanan yang berasal dari tapanuli. Makanan ini dibuat dengan cara di pepes dan menggunakan ikan teri sebagai bahan bakunya. Teri yang digunakan adalah teri yang basah dan berukuran cukup besar atau sedang, bukan teri kering dengan ukuran kecil. Jika anda menyajikan makanan ini maka anda harus membakarnya terlebih dahulu beberapa waktu sebelum disajikan, supaya baunya lebih harum dan lebih menggoda.

Teri yang akan anda gunakan harus dibuang terlebih dahulu bagian kepalanya. Biasanya bagian kepala teri akan terasa lebih asin atau sedikit pahit untuk beberapa teri. Dan untuk mencegah hal itu maka kepala teri harus dibuang terlebih dahulu.


Pepes teri atau palai bada modif identik dengan kelapa yang diparut, rasa pepes yang ditambah dengan kelapa memang tidak pernah terkalahkan. Bumbu yang digunakan hanya menggunakan bumbu biasa saja dan sudah umum digunakan untuk memasak oleh para ibu, jadi para ibu tidak harus repot kesana kemari mencari bahan dan bumbu untuk memasak. Untuk lebih jelas dan lebih lengkapnya, berikut kami berikan resep untuk membuat palai balado modif.

Bahan:

    300 gram ikan teri nasi basah, garami dan beri perasan air jeruk nipis yang banyak, sisihkan

    Daun pisang

    Lidi atau tusuk gigi untuk menyemat daun pisang


Bumbu:
•    Cabai halus (1 sendok makan munjung untuk 100 ml ikan teri)

•    8 siung bawang merah, cincang halus

•    Daun bawang, iris

•    Daun kunyiat, iris halus (jika tidak ada ganti dengan sepotong kecil kunyit-dihaluskan-untuk memberi rasa kunyit).

•    2 lembar daun jeruk, iris halus


Cara membuat:

1.    Campurkan seluruh bumbu ke dalam ikan teri yang telah selesai di garami dan di beri perasan jeruk, aduk rata.

2.    Siapkan daun pisang, sendokkan campuran teri 2-3 sendok makan, bungkus seperti membungkus lontong, semat kedua ujungnya dengan lidi atau tusuk gigi, atur di atas loyang oven yang sudah di alasi kertas roti

3.    Panaskan oven pada suhu 225 derajat cc, pilih fungsi grill, taruh loyang di rak bagian atas, penggang kedua sisi palai hingga airnya kering, keluarkan dari oven.

4.    Siap di santap dengan nasi panas.

Jika sebelumnya anda biasa memakan ikan teri dengan cara digoreng, nah sekarang ini saatnya anda merasakan ikan teri dengan cara dipepes. Rasanya pasti akan jauh lebih enak dan jauh berbeda dengan rasa ikan teri yang lain. Daun pisang yang digunakan untuk membungkus pepes pasti akan membuat rasa pepes lebih lezat dan aroma yang tercium lebih menggoda.

Makanan yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang biasanya akan terasa lebih nikmat dan lebih awet. Begitupula dengan palai balado modif. Anda bisa menyimpannya di tempat yang bersih dan bisa memakan nya kembali pada waktu yang lain.

resep seafood cara masak PALAI BADA MODIF

iklan

0 Responses to “resep seafood cara masak PALAI BADA MODIF”

Posting Komentar